Select Page

Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Ilmu Keolahrgaan dan Kesehatan Masyarakat (FIKKM) menggelar kegiatan seminar nasional keolahragaan dengan tema “Peranan Sport Science dalam Meningkatkan Prestasi Olahraga” pada hari Senin, 23 Desember 2019, bertempat di Aula Handayani UNDIKMA. Hadir sebagai narasumber antara lain Ketua Umum KONI NTB, H. Andy Hadianto, Guru Besar UNJ, Prof. Dr. Moch. Asmawi, M.Pd., Dr. Maulidin, M.Pd., Dadang Warta Chandra, M.Pd., serta Elya Wibawa, M.Pd. Selain itu turut hadir Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga NTB, Ir. Hj. Husnanidiaty Nurdin, MM., Dekan, dosen dan mahasiswa FIKKM.

Ketua BEM FIKKM, Ainun Samidah, dalam laporannya menyampaikan bahwa seminar dilaksanakan dalam rangka memberikan pemahaman yang komprehensif kepada seluruh peserta yang berasal dari guru olahraga se-NTB serta mahasiswa FIKKM tentang pentingnya pendekatan teknologi dalam olahraga. Selama ini banyak yang beranggapan bahwa untuk mencapai prestasi olahraga bisa berjalan secara alami, padahal di negara-negara luar dalam mengembangkan prestasi olahraga sudah lama menggunakan pendekatan sport science.

Sementara itu Ketua Umum KONI NTB, H. Andy Hadianto, saat menyampaikan materi, banyak memberikan semangat dan optimisme kepada peserta khususnya mahasiswa untuk terus berprestasi. “Untuk diketahui, atlet-atlet NTB sudah banyak yang berhasil mengibarkan bendera merah putih pada event internasional melalui prestasi yang diraih, hal ini membuktikan bahwa orang NTB hebat dan ke depan fokus kita adalah olimpiade dan event resmi internasional yang lain”. Lebih lanjut pria yang hobi bersepeda ini mengingatkan bahwa,“Industri olahraga harus dibarengi dengan sport management, sebab kalau olahraga tidak dimanajemen dengan baik maka tidak akan menghasilkan prestasi yang baik”, ungkapnya.

Sementara itu Prof. Asmawi memaparkan tentang informasi terbaru tentang olahraga seperti OPUD (Olahraga Prestasi Usia Dini), Analisa tentang prestasi SEA Games yang lalu dan hal-hal aktual lainnya. Guru besar UNJ ini juga menyampaikan harapannya agar di UNDIKMA didirikan program studi kepelatihan untuk menunjang prestasi olahraga NTB. (B4)

X