Select Page

E-LEARNING PENCEGAH PENYEBARAN COVID-19

19/03/2021. Di tengah mewabahnya virus COVID-19 di seluruh dunia, salah satu cara yang dinilai paling ampuh dalam mencegah penyebaran virus adalah dengan “Social Distancing dan Karantina Diri”. Social Distancing = masyarakat diminta untuk menghindari hadir di pertemuan besar atau kerumunan orang. Jika Anda harus berada di sekitar orang, jaga jarak dengan orang lain sekitar 6 kaki (2 meter). Karantina diri = umumnya dilakukan pada orang-orang atau kelompok yang tidak memiliki gejala tetapi terkena penyakit. Karantina menjauhkan mereka dari orang lain sehingga mereka tidak menginfeksi siapa pun.
.
Bahkan di beberapa negara seperti Italia dan Denmark telah diterapkan “Lockdown” yaitu sebuah keadaan darurat yang membuat seseorang untuk tidak diperbolehkan masuk atau ke luar dari sebuah wilayah tertentu dalam kurun waktu tertentu. Tindakan ini dilakukan selama keadaan darurat tersebut berlangsung. Tindakan ini telah dilakukan dalam menangkal penyebaran Corona. Naaah bagaiman dengan di Indonesia?
.
Beberapa waktu lalu, Presiden Joko Widodo mengimbau masyarakat untuk mengurangi aktivitas di luar rumah demi menekan penyebaran virus corona COVID-19 di Indonesia. Jokowi mengimbau agar kegiatan seperti belajar, bekerja dan beribadah baiknya dilakukan di rumah. “Saatnya kita kerja dari rumah, belajar dari rumah, ibadah di rumah,” ujar Jokowi dalam konferensi pers di Istana Bogor, Jawa Barat Minggu (15/3/2020).
.
Dampak dari virus Corona mendorong sekolah dan perguruan tinggi mengadakan kegiatan belajar di rumah, artinya menghentikan sementara pembelajaran tatap muka, menggantinya dengan metode jarak jauh dengan memanfaatkan teknologi informasi. Pembelajaran elektronik atau e-learning adalah sistem atau konsep pendidikan yang memanfaatkan teknologi informasi dalam proses belajar mengajar.
.
E-learning salah satu strategi yang digunakan untuk memungkinkan belajar kapan pun dan dimanapun dengan menggunakan media elektronik, khususnya menggunakan jaringan internet sebagai sarana pembelajarannya. Dengan memanfaatkan e-learning siswa maupun mahasiswa dapat tetap belajar tanpa harus ke luar dari rumah, tentunya hal ini dapat menekan penyebaran dan penularan virus.
.
Stay safe everyone, untuk sementara waktu work from home dan learning from home, demi diri sendiri dan orang banyak.” (indriaturrahmi)

X