Select Page


KEGIATAN PEKERTI DI LINGKUNGAN UNIVERSITAS PENDIDIKAN MANDALIKA
.

04/08/2021. Lembaga Pendidikan, Pembelajaran dan Pelatihan Microteaching (LP3M) UNDIKMA menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Peningkatan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional (PEKERTI) pada tanggal 23 – 26 Juni 2021, sebagai prasyarat bagi dosen untuk melaksanakan pembelajaran yang berkualitas dan sesuai dengan Sistem Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia. Kegiatan ini dibuka oleh Rektor UNDIKMA, Prof. Drs. Kusno, DEA., Ph.D dan diikuti oleh 20 orang dosen dari masing-masing prodi di lingkungan UNDIKMA.
Pada pembukaan PEKERTI, Prof. Drs. Kusno, DEA., Ph.D selaku Rektor UNDIKMA mengatakan bahwa kegiatan ini sangat dibutuhkan untuk mengembangkan kemampuan dan keterampilan dosen dalam menyampaikan pembelajaran yang berkualitas. Kegiatan pembukaan PEKERTI juga dihadiri oleh Dr. Sutarto, M.Pd., selaku Ketua LP3M UNDIKMA, yang mengatakan bahwa kegiatan ini diharapkan dapat membantu perguruan tinggi menemukan karakter pembelajaran dan pengembangan kurikulumnya, khususnya dalam implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).
Materi yang dipelajari oleh para dosen pada PEKERTI yang berlangsung selama sepekan ini adalah Sistem Pendidikan Tinggi, Pengembangan Pembelajaran Abad 21, Kompetensi Dosen, Model-Model Pembelajaran Berbasis SCL dan Riset, Model-Model Penilaian Otentik, Instrumen Asesmen, Rancangan Pembelajaran, Pemanfaatan E-learning untuk Pelaksanaan Pembelajaran, dan Keterampilan Mengajar.

Dengan adanya kegiatan PEKERTI ini diharapkan dapat mencapai tujuan sebagai berikut: (1) meningkatkan wawasan dosen tentang penjaminan mutu perguruan tinggi; (2) meningkatkan kompetensi pedagogic dosen di lingkungan UNDIKMA; (3) mengembangkan perangkat pembelajaran berupa: analisis capaian pembelajaran, RPS, kisi-kisi pengembangan instrumen penilaian; dan (4) membina profesionalitas dosen di lingkungan UNDIKMA dalam melaksanakan pembelajaran yang berkualitas.
.
.

X