KOORDINASI PENGEMBANGAN SMK-PK BERSAMA PERGURUAN TINGGI PENDAMPING
DI SMKN 3 MATARAM
Oleh: Tim LP3M UNDIKMA
. Mataram, 9 September 2021.
Acara Sosialisasi dan Koordinasi Pengembangan SMK Pusat Keungulan Bersama Perguruan Tinggi Pendamping Universitas Pendidikan Mandalika yang diselengarakan di Ruang Sidang 2 SMK Negeri 3 Mataram yang dihadiri dari berbagai Unsur yaitu Kepala Sekolah SMKN 3 Mataram, Pengawas Pembina, Kasubang TU, Wakil Kepala Sekolah, Kaprodi, dan Guru. Dari tim pendamping Perguruan Tinggi Universitas Pendidikan Mandalika diwakili oleh Hariadi Ahmad, M.Pd, dan Muammar Khadafi, ST., MT. Pada acara pembukaan sambutan dilakukan oleh Kepala Sekolah SMKN 3 Mataram, Bapak Ruju Rahmad, S.Pd., MT. dan selanjnya memaparkan rencana kegiatan bantuan non fisik dan penguatan pembelajaran SMK Pusat Keunggulan tahun 2021 di SMKN 3 Mataram, dalam pemaparannya kepala sekolah menekankan ketercapian tujuan program Link and Match Program SMK-PK di SMKN 3 Mataram dapat berjalan dengan baik sesuai dengan harapan sehingga bedampak baik bagi sekolah baik dari segi input, proses dan outcame.
Senada dengan Kepala Sekolah, dalam sambutan oleh Pengawas Pembina, Bapak Ridwan, S.Pd., M.Pd., bahwa dalam program SMK Pusat Keunggulan tyang diharapkan adalah peningkatan kompetensi Guru, Kompetensi Pembelajaran dan Kompetensi Siswa. Dalam pemaparan sosialisasi dari tim Universitas Pendidikan Mandalika memaparkan landasan pelaksanaan pendampingan yang didasarkan pada SK Dirjen Pendidikan Vokasi Kemdikbud Riset dan Teknologi No. 47/D/DM/2021 tentang Penugasan perguruan tinggi sebagai pelaksana pendampingan program SMK PK tahu 2021. Selanjutnya dipaparkan tentang tujuan pendampingan, tujuan khusus program SMK-PK, jadwal rencana kegiatan pendampingan, serta tugas Perguruan Tinggi Pendamping dalam Program SMK-PK yaitu: Pertama, Perguruan tinggi Mendampingi sekolah dalam mencapai target luaran, hasil, dan dampak (Output, Outcome, Impact) yang diinginkan sesuai dengan keahlian yang dimiliki perguruan tinggi. Kedua, Melakukan program Oversight (rencana pengadaan peralatan, rencana pelatihan guru dan kepala sekolah, serta pembelajaran) sesuai dengan pengalaman dan kualifikasi tim pendamping yang dimiliki oleh perguruan tinggi. Ketiga, Memantau capaian pembelajaran dan aspek Link and Match di sekolah sesuai dengan kriteria pendamping SMK Pusat Keunggulan (HA. 9/11/21).
.