Select Page

MAHASISWA UNDIKMA KKN-T 25 DESA DAKUNG KOLABORASI GELAR VAKSIN MASSAL HEWAN DAN TERNAK

LOTENG (NTBNOW.CO)–Mahasiswa kuliah kerja nyata tematik (KKN-T) Universitas Pendidikan Mandalika Kelompok 25 menggelar kolaborasi Program kerja vaksin PMK & pemasangan Ear tag di desa Dakung Praya Tengah, Lombok Tengah, Kamis (20-25 Oktober 2022).

Mahasiswa KKN-T Kelompok 25 yang ditempatkan di Desa Dakung Praya Tengah, Lombok Tengah itu di ketuai oleh Suparno Mahasiswa dari FIKKM (Pendidikan Olahraga) beserta anggotanya. Antara lain, Rini Aprilianti FBMB ( Pendidikan Bahasa Inggris), Elfida Utami FIPP ( Bimbingan dan Konseling), M.Erzan A.P FIPP ( Teknologi Pendidikan), Rilo Wahyu Al-Haidar FIPP (Teknologi Pendidikan), Asan Abdul Aziz FIKKM ( Pendidikan Olahraga), Ma’al Aldi FIKKM ( Pendidikan Olahraga ), Fuad Hakim FIKKM (Pendidikan Olahraga).

M.Syaofi Rohman FIKKM (Pendidikan Olahraga), Zalinah FIPP ( Bimbingan dan Konseling), Yunia Astagina Infrastuti FIPP ( Administrasi Pendidikan), Susmita Santika FKH (Kedokteran Hewan). Mereka berada di bawah naungan dosen pembimbing lapangan (DPL), Ali Imran, M.Pd.Si. dan Iwan Doddi Darmawibawa, SSi.,M.Si. Partner Colaborasi Bapak Asrarudin SKH, dan Lalu Purnawarman.

Menurut Ali Imran sekaligus Dosen Pembimbing Lapangan, KKN program adik-adik dari kelompok 25 ini didasari atas keprihatinan maraknya penyakit pada ternak, khususnya tetnak sapi. Sehingga adik-adik membantu masyarakat atau peternaknsapi yang ada di desa dakung kecamatan Praya Tengah Kabupaten Lombok Tengah.

Sekarang ini merupakan musim PMK (Penyakit Mulut dan Kuku) yang dimana menyerang Hewan Ternak di seluruh Indonesia, terkhususnya ternak Sapi. Oleh sebab itu pemerintah daerah khususnya UPTD Pertanian dan Peternakan Praya Tengah mengadakan vaksin masal di setiap desa se kecematan Praya Tengah guna untuk mencegah terjadinya penularan PMK (Penyakit Mulut Dan Kuku).

Pemasangan Ear Tag dilakukan untuk memudahkan proses penjualan dan sebagai penanda kepemilikan hewan ternak.
Karena di Ear Tag tersebut terdapat data nomor kependudukan (NIK) yang bertujuan untuk memudahkan proses pemasaran ternak di pasar. (rls)
.
https://www.ntbnow.co/pendidikan/26/10/2022/mahasiswa-udikma-kkn-t-25-desa-dakung-kolaborasi-gelar-vaksin-masal-hewan-dan-ternak/

.

X